Sabtu, 25 Januari 2014

Ummu Mishary Fatih Rasyid

Ada yg bertnya sbenarnya Ummu Mishary tu siapa?? kok dtwitter , n sosmed yg lain selalu ummu mishary??  sini niih saya jelasin yaa

:"D

Ummu Mishary itu nama pena saya.. bukan comot sana sini loh.. :)

Kenapa saya memakai nama "Ummu" ?? yg artinya ibu?? karena saya calon ibu.. :D

wlaupun ummu itu artinya ibu, tpi saya blum ibu2 kok.. masi calon,, dan bukan jga istri org.. pe masi calon jgaa.. heheh
Tapi Ummu Mishary itu masih calon ibu-ibu..
Dan kelak akan berstatus istri orang :'D

hmmp knapa saya memilih nma itu?? *MariSimak

Pertama, karena saya suka dengan nama Mishary..
Dan tentu juga karena memiliki arti nama yang sangat bagus..

Mishary Rasyid : terinspirasi dri syeikh Mishary Rasyid yg mmpunyai suara merdu ktika bca qur'an..

Fatih : terinspirasi dri Muhammad Al Fatih yg mmerdekakan islam d konstatinopel..

Kedua, karena saya ingin memakai nama “Kun-yah”..
Kun-yah.. Apa itu kun-yah ??
Mungkin tmand2 smua mrasa asing dg istilah kun-yah.. n arti kun-yah apaan yaa?? #KepoDeh :D

Kun-yah merupakan salah satu “Adabun Islaamiyyun” (adab dalam Islam) dari sekian banyak adab yang disunnahkan Rasulullah Shalallahu`alaihi wasallam untuk kita hidupkan..
Tetapi sunnah ini mulai banyak di tinggalkan di kehidupan sekarang ini..

Kun-yah adalah nama yang dimulai dengan kata “abu” (bapak) bila yang diberi kunyah itu laki-laki dan dimulai dengan “ummu” (ibu) bila yang diberi kunyah itu perempuan..

Namun sayangnya, sunnah ini termasuk yang jarang diketahui dan diamalkan oleh umat islam pada umumnya..

looh.. pe kkak kn blum nikah, blum pnya suami, bluum pnya anak jgaa.. | truuus Masbulloh ?? :D candaa eeuii..

Banyak hadist yang menunjukkan disyari’atkannya kun-yah bagi anak kecil dan orang dewasa sekalipun belum mempunyai anak..
Maka merupakan kebiasaan salaf dari kalangan sahabat adalah berkun-yah sekalipun belum dikaruniai anak..

Dari Anas bin Malik,
“Rasulullah sering menemui kami. Aku punya adik yang berkunyah Abu ‘Umair. Dia punya seekor burung yang sering dipakai untuk bermain. Suatu hari Nabi datang setelah burung tersebut mati. Beliau melihat Abu ‘Umair bermuram muka. Nabi lantas bertanya kepada kami ‘ada apa dengannya?’, ‘burungnya mati,’ sahut kami. Nabi lalu bersabda ‘Hai Abu ‘Umair apa yang telah dilakukan oleh burungmu?’” (HR. Bukhori, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi, Shahih Al-Jami’ Ash-Shaghir no. 7830)

Dalam Tuhfatul Aba’ dinyatakan,
“Hadits di atas menunjukkan bahwa anak kecil boleh punya kunyah. Anak kecil yang suka bermain dengan burung dalam Hadits di atas berkunyah Abu ‘Umair, bahkan Nabi pun memanggilnya dengan kunyah tersebut. Ini termasuk adab arab yang bagus. Kunyah untuk anak kecil itu berfungsi mengangkat dirinya, meningkatkan kecerdasannya dan menyebabkan dia merasa dihargai.” (Tuhfatul Aba’ Bima Warada fi Tarbi Yatul Aulad).

Jadi Hadits di atas menunjukkan bahwa anak kecil boleh diberi kun-yah..

Sekalian nih saya sertakan adab-adab yang berkenaan dengan nama kun-yah, yaitu:

1. Abu (bagi laki-laki) atau Ummu (bagi perempuan)..
2. Orang yang belum atau tidak punya anak boleh berkun-yah. Oleh karena itu anak kecil yang jelas belum menikah diperbolehkan untuk berkun-yah..
3. Tidak boleh berkun-yah dengan nama Allah semisal Abul A’la (Al-Maududi)
4. Tidak boleh berkun-yah ‘Abul Qosim’ berdasarkan Hadits Rasulullah shollahu’alaihiwasallam, “Hendaklah kalian bernama dengan nama-namaku tetapi jangan berkunyah dengan kunyahku (Abul Qosim).” (HR. Bukhori no. 3537 dll).

Nah, jadi itu lah alasan saya mengapa memakai nama pena dan nama kun-yah UMMU MISHARY..

Banyak kok di antara kita baik yang akhwat maupun ikhwan yang belum menikah memakai nama kun-yah..

Kan memakai nama kun-yah merupakan salah satu sunnah Nabi :')

nma Kun - yah ini jgaa saya sndirii yg mencri.. bukn krna ad ikhwan sana sini..

Keep Husnudzon Yaa :))

#UMMU_MISHARY_FATIH_RASYID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar